Pengumuman Tahap Seleksi Berkas Duta Santri Nasional 2021

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

Pemilihan Duta Santri Nasional 2021 yang merupakan ajang bergengsi bagi para santri tahun ini, telah sampai pada tahap pengumuman seleksi berkas. Pemilihan Duta Santri Nasional merupakan tempat bagi santriwan santriwati berbakat untuk dilatih, dikembangkan, dan diberdayakan sebagai role model santri lainnya serta bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Dari 1379 santri yang mendaftar, 129 santri dinyatakan lolos sesuai dengan bidang pemilihan Duta Santri yakni Bidang Agama sebanyak 20 santri, bidang Politik, Sosial, dan Kemasyarakatan sebanyak 20 Santri, bidang Budaya, seni, dan Olahraga sebanyak 20 Santri, Bidang Sains dan teknologi sebanyak 20 Santri, Bidang kesehatan dan Lingkungan sebanyak 20 Santri, Bidang Kewirausahaan sebanyak 20 Santri dan Bidang Diaspora sebanyak 9 Santri.

PW Fatayat NU DIY sebagai inisiator agenda ini bekerja sama dengan Garda Fatayat DIY, RMI PBNU, Mardliyah Islamic Center UGM, UNU Yogyakarta, Muslim Kreatif, dan PT Sritex meyakini bahwa melalui ajang ini, santri mampu membuktikan kepada publik terkait beberpa hal, yaitu  santri selain menguasai berbagai bidang disiplin ilmu, memiliki jiwa kepemimpinan yang baik, cinta tanah air, berbudaya, berwawasan global, professional, memiliki empati sosial, santri juga mampu berkarya untuk bangsa dan dunia, serta tentunya berakhlak mulia.

Muhammad Alfuniam, M.Phil, wakil Ketua RMI PBNU mengatakan, “Saya berharap, pemilihan Duta Santri Nasional 2021 ini benar benar merupakan sebuah program yang berkesinambungan sebagai sebuah upaya untuk mencari bakat, talenta para santri diberbagai bidang.”

Lebih lanjut, Mohammad Alfuniam mengatakan, “Dalam ajang ini santri tidak hanya menang secara kuantitas, juara dalam hal kualitas, maupun bakat dan potensi-potensi lainnya, melainkan juga unggul dalam akhlakul karimah yang dibuktikan dengan penguasaan bidang agama yang baik”.

Berikut pengumuman peserta yang lolos tahap seleksi berkas Pemilihan Duta Santri Nasional 2021:

  1. Bidang Agama mencakup penguasaan konsep-konsep Islam menurut pandangan Ahlussunah wal Jamaah an Nahdliyah yang disertai dengan pemahaman yang komperehensif mengenai Al Qur’an dan Hadist, serta kitab-kitab klasik yang disertai pemahaman yang baik mengenai konsep kebangsaan dan bernegara. Pada bidang ini, santri diharapkan memiliki penguasaan bahasa arab maupun Bahasa Inggris sebagai alat untuk memahami literatur Islam dan memudahkan dalam berdakwah.
  2. Bidang Sosial, Politik, dan Kemasyarakatan mencakup beberapa isu aktual dan yang menjadi perhatian publik Indonesia diantaranya kemanusiaan, demokrasi, kesetaraan gender, kemanusiaan dan anti radikalisme. Jebolan Duta Santri Nasional juga harus memiliki kepekaan terhadap isu-isu yang rentan memecah belah NKRI dan memiliki daya pikir kritis untuk menciptakan jawaban yang solutif atas permasalahan tersebut.
  1. Bidang Budaya, Seni, dan Olahraga mencakup bidang yang berkaitan dengan pengetahuan, perkembangan, pengembangan kebudayaan, kesenian, dan olahraga. Berkaitan dengan hal ini, Duta santri diharapkan menjadi pendakwah yang mampu tetap menjaga dan melestarikan budaya, memiliki pengetahuan dan keahlian dalam seni juga ikut aktif dalam kegiatan keolahragaan.
  1. Bidang Sanis dan teknologi, mencakup perkembangan sains dan teknologi yang secara khusus meliputi inovasi teknologi, literasi digital, revolusi industri 4.0. Duta Santri nantinya diharapkan memiliki penguasaan terhadap sains dan teknologi, tidak hanya memiliki wawasan namun juga ahli dalam praktik, terutama melalui karya karya yang inovatif.
  2. Bidang kesehatan dan Lingkungan, mencakup isu-isu kesehatan dan lingkungan yang menjadi fokus PBB dan beberapa negara yang tercermin dalam Sustainable Development Goals. Isu yang menjadi perhatian utama saat ini adalah health protection in pandemi dan kesehatan reproduksi. Sedangkan terkait isu lingkungan adalah upaya pengurangan emisi karbon dan pengolahan limbah.
  3. Bidang Kewirausahaan, mencakup strategi pemecahan masalah sosial, pengentasan kemiskinan, pembangunan pedesaan, dan pertumbuhan ekonomi. Kewirausahaan sosial memberikan potensi perubahan dengan befokus pada pembangunan berkelanjutan, akuntabilitas, pembelajaran bisnis, serta kompleksitas nilai-nilai sosial yang dapat menciptakan peluang untuk perubahan. Duta Santri diharapkan memiliki jiwa sosial dan wirausaha, kreatif dan inovatif, dapat berpikir jangka panjang, dan dapat memulianya dengan bisnis berbasis kewirausahaan sosial.
  1. Bidang Diaspora, mencakup wawasan global dan kemampuan untuk menjadi representasi Indonesia di kancah Internasional. Memiliki jiwa kompetitif yang menjadi wakil Indonesia untuk berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik dengan tetap berjiwa nasionalisme.

“Selamat bagi para santri yang sudah lolos seleksi berkas, ini baru awal mula, jangan dulu berbangga diri, karena nanti kalian akan digembleng selama karantina untuk menempa diri, maka maksimalkan potensi diri kalian masing-masing, kalian mesti punya semangat juang yang kuat dan harus mempunyai jiwa pembelajar untuk menjadi lebih baik lagi, manfaat kesempatan ajang ini untuk menempa diri dan menguatkan karakter dan potensi yang telah kalian miliki, selamat berkompetisi” tambah Mohammad Alfuniam kepada tim media Duta Santri Nasional 2021.

“Begitu juga bagi yang belum lolos, jangan pernah putus asa, pasti akan ada kesempatan lain dan ruang serta sarana lain untuk maju dan memunjukkan prestasi kalian masing-masing, tetaplah semangat dan terus belajar, jangan pernah menyerah karena masa depan kalian masih panjang, pasti masih ada kesempatan lain diluar ajang ini untuk menunjukkan kemampuan dan potensi kalian, tetap belajar dan meningkatkan kualitas diri, pasti suatu saat akan berhasil” tegasnya.

Sebagai bentuk tanggung jawab bersama, gotong royong, serta kebanggaan bangsa, panitia mengajak seluruh pihak untuk berkolaborasi mendukung suksesnya acara ini. Masyarakat secara luas dapat turut mensukseskan acara ini baik dalam bentuk barang maupun dana. Informasi selengkapnya terkait kolaborasi dapat menghubungi Fetra (0878-5272-2455)