Launching dan Bedah Buku “Wajah Damai Milenial Reformis, Gerakan Kece Menebar Keadilan Gender untuk Indonesia Maju” di 6 Wilayah

Bagikan:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter

Yayasan Mulia Raya didukung oleh Harmoni menyelenggarakan peluncuran dan bedah buku “Wajah Damai Milenial Reformis, Gerakan Kece Menebar Keadilan Gender untuk Indonesia Maju” di 6 kota (Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, Yogyakarta, Solo, dan Sidoarjo) Acara yang digelar pada 4–15 Desember 2021 ini adalah rangkaian dari Pelatihan Milenial Reformis yang digelar di 6 wilayah tersebut.

Buku yang dibedah oleh narasumber kece dari berbagai organisasi dengan beragam gender dan agama ini adalah antologi tulisan 127 alumni pelatihan MR. Temanya seputar upaya milenial reformis merajut damai; mengungkap isu krusial yang mereka alami dalam kehidupan sehari-hari serta menawarkan solusinya. Seturut dengan ciri khas generasi milenial, tulisan mereka santai, renyah, dan kerap diselingi istilah-istilah kekinian yang lucu dan jenaka.

Seperti dinyatakan fonder Yayasan MR Musdah Mulia, buku ini merefleksikan tiga pesan moral Milenial Reformis. Pertama, pentingnya milenial memperkuat kesadaran spiritualitas, kemanusiaan, dan kebangsaan sehingga terasah empati kemanusiaan untuk menolong sesama, membebaskan diri dan masyarakat dari belenggu budaya patriarki yang merenggut kemanusiaan, khususnya perempuan, serta berbagai jebakan fundamentalisme dan radikalisme yang melahirkan aksi-aksi intoleran dan bahkan teror yang mengerikan.

Kedua, pentingnya milenial menguasai literasi digital agar mampu menggunakan media sosial secara bijak dan cerdas sebagai alat untuk mengedukasi sesama dengan beragam konten terkait isu keadilan gender, isu kebangsaan, dan cinta lingkungan sehingga masyarakat terhindar dari kejahatan hoaks, fitnah dan berbagai bentuk disinformasi yang menyesatkan.

Ketiga, pentingnya milenial membekali diri dengan sejumlah pengetahuan dan wawasan serta berbagai keterampilan yang berguna agar kelak dapat hidup sebagai manusia dewasa yang bertanggung jawab, mandiri dalam segala aspek, terutama dalam ekonomi sehingga mampu berkiprah di tengah masyarakat dengan karya-karya positif, produktif, kreatif, dan inovatif.

Kehadiran buku ini mendapat apresiasi dari banyak pihak, terutama di daerah tempat buku diluncurkan. Sebuah gerakan kece dan kreatif yang menghimpun sekaligus menyuarakan aspirasi milenial untuk mewujudkan Indonesia maju dan penuh perdamaian.